Sunday 9 June 2013

Sedekah Akan Memanjangkan Umur

Kemarin malam tidak sengaja saya melihat majalah kecil yang biasa dibagikan kepada orang-orang saat sholat jumat, mungkin suami saya yang membawanya saat sholat jumat minggu lalu. Ada tulisan kecil yang membuat mata ini ingin meliriknya pada cover majalah tersebut. Tulisan itu adalah "Sedekah Memanjangkan Umur". Kubuka majalah itu dan langsung tertuju ke halaman dimana artikel tersebut dituliskan.

Percaya tidak kalian bahwa sedekah akan memanjangkan umur kita ? Yap, seperti yang saya baca di artikel itu. Allah akan memanjangkan umur kita apabila kita bersedekah. Ada cerita nyata yang dituliskan di artikel tersebut. Pada suatu hari Malaikat Izrail mendatangi Nabi Ibrahim.
     

Malaikat Izrail : "Wahai Nabi Ibrahim, Siapakah anak muda yang datang kepadamu tadi ? "
Nabi Ibrahim : "Dia sahabat, sekaligus muridku "
Malaikat Izrail : "Ada perlu apakah dia datang menemuimu ? "
Nabi Ibrahim : "Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahan esok pagi "
Malaikat Izrail : "Sayang sekali, umur anak muda itu tidak akan sampai esok pagi wahai Ibrahim"


Begitulah obrolan singkat yang terjadi antara Nabi Ibrahim dan Malaikat Izrail. Setelah itu, Malaikat Kematian itu pun pergi meninggalkan Nabi Ibrahim. Hampir saja Nabi Ibrahim ingin memberitahukan hal tersebut kepada anak muda itu, namun niatnya terhenti karena Nabi Ibrahim berpikir biarlah kematian tetap menjadi rahasia Allah.

Keesokan paginya, Nabi Ibrahim menghadiri dan menyaksikan pernikahan anak muda tersebut. Hari berganti hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun. Hingga anak muda tersebut berumur 70 tahun. Nabi Ibrahim bertanya kepada Malaikat Izrail, apakah dia berbohong tempo hari saat mengatakan bahwa anak muda tersebut umurnya tidak akan lama lagi. Malaikat Izrail menjawab, dirinya memang ingin mencabut anak muda tersebut. Namun Allah menahannya.

Ibrahim bertanya, "Apakah gerangan yang membuat Allah menahanmu untuk mencabut nyawanya ? "
Malaikat Izrail menjawab, “Wahai Ibrahim, di malam menjelang pernikahannya, anak muda tersebut menyedekahkan separuh kekayaannya. Dan ini yang membuat Allah memutuskan untuk memanjangkan umurnya, hingga engkau masih melihatnya hidup.”

Teman, kematian memang di tangan Allah. Tidak ada seorangpun yang tahu kapan , dalam kondisi apa, dan dimana ajalnya akan datang. Oleh karena itu, jika kita melihat orang-orang yang kesusahan di sekeliling kita. Maka bersedekahlah. Siapa yang tahu, mungkin saja kesusahan orang-orang tersebut digelar untuk memperpanjang umur kita. Tinggal kita yang memutuskannya, apakah kita bersedia untuk menolongnya atau tidak. Bila bersedia, maka kemungkinan besar Allah akan memperpanjang umur kita. Insya Allah. Amin.

Marilah kita bersedekah teman..

- Anthie -

No comments:

Post a Comment